Frekuensi…lagi

Dari Om Wiki- Wikipedia Ensiklopedia Bahasa Indonesia

Frekuensi adalah jumlah kejadian peristiwa yang berulang per satuan waktu. Hal ini juga disebut sebagai frekuensi temporal. Periode adalah jangka waktu satu siklus dalam acara berulang, sehingga periode adalah kebalikan dari frekuensi.

Definisi dan satuan

Untuk proses siklis, seperti rotasi, osilasi, atau gelombang, frekuensi didefinisikan sebagai jumlah siklus, atau periode, per satuan waktu. Dalam disiplin ilmu fisika dan teknik, seperti optik, akustik, dan radio, frekuensi biasanya dilambangkan dengan huruf f Latin atau oleh huruf Yunani ν (nu).

Dalam satuan SI, satuan frekuensi hertz (Hz), dinamai fisikawan Jerman Heinrich Hertz. Sebagai contoh, 1 Hz berarti bahwa suatu peristiwa mengulang sekali per detik.

Periode biasanya dinotasikan sebagai T, dan merupakan kebalikan dari frekwensi f:

T = \ frac (1) (f).

Satuan SI untuk periode kedua.
[sunting] Pengukuran
[sunting] Oleh waktu

Untuk menghitung frekuensi kejadian, jumlah kejadian peristiwa dalam interval waktu yang tetap yang dihitung, dan kemudian dibagi dengan panjang interval waktu.
[sunting] Frekuensi gelombang

Frekuensi memiliki hubungan terbalik dengan konsep panjang gelombang, cukup, frekuensi berbanding terbalik dengan panjang gelombang λ (lambda). Frekuensi f adalah sama dengan laju v fase dari gelombang dibagi dengan λ panjang gelombang dari gelombang:

f = \ frac (v) (\ lambda).

Dalam kasus khusus gelombang elektromagnetik bergerak melalui ruang hampa, maka v = c, di mana c adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa, dan ekspresi ini menjadi:

f = \ frac (c) (\ lambda).

Ketika gelombang dari sumber monokromatik perjalanan dari satu media ke yang lain, mereka tetap frekuensi yang persis sama – hanya panjang gelombang dan kecepatan mereka berubah.
Contoh
Fisika cahaya

Energi radiasi adalah energi yang disebarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Kebanyakan orang berpikir alam listrik sinar matahari atau cahaya, ketika mempertimbangkan bentuk energi ini. Jenis cahaya yang kita rasakan melalui sensor optik (mata) diklasifikasikan sebagai cahaya putih, dan terdiri dari berbagai macam warna (merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, ungu) selama rentang panjang gelombang, atau frekuensi.

Terlihat (putih) cahaya hanya sebagian kecil dari keseluruhan spektrum dari radiasi elektromagnetik. Pada akhir pendek skala panjang gelombang ultraviolet (UV) sinar dari matahari, yang tidak dapat dilihat. Pada akhir lagi spektrum inframerah (IR) cahaya, yang digunakan untuk penglihatan di malam hari dan lain perangkat pencari panas. Pada panjang gelombang lebih pendek daripada UV adalah X-ray dan Gamma-ray. Pada panjang gelombang lebih panjang dari IR adalah gelombang mikro, gelombang radio, gelombang elektromagnetik dalam megahertz dan kHz range, serta gelombang alam dengan frekuensi dalam kisaran millihertz dan microhertz. A 2 millihertz gelombang memiliki panjang gelombang kira-kira sama dengan jarak dari bumi ke matahari. Sebuah gelombang microhertz akan memperpanjang 0,0317 tahun cahaya. Sebuah gelombang nanohertz akan memperpanjang 31,6881 tahun cahaya.
Lengkap spektrum radiasi elektromagnetik dengan porsi yang terlihat disorot

Radiasi elektromagnetik diklasifikasikan menurut frekuensi (atau panjang gelombang) dari gelombang cahaya. Hal ini termasuk (dalam rangka peningkatan frekuensi): gelombang elektromagnetik alami, gelombang radio, gelombang mikro, radiasi Terahertz, inframerah (IR) radiasi, cahaya, ultraviolet (UV) radiasi, sinar-X dan sinar gamma. Dari jumlah tersebut, gelombang elektromagnetik alami memiliki panjang gelombang terpanjang dan sinar gamma memiliki terpendek. Sebuah jendela kecil frekuensi, yang disebut spektrum yang terlihat atau cahaya, dirasakan oleh mata dari berbagai organisme, dengan variasi batas-batas spektrum sempit ini.
Fisika suara

Suara adalah getaran ditularkan melalui padat, cair, atau gas; khususnya, suara berarti mereka terdiri dari frekuensi getaran mampu menjadi dideteksi oleh telinga. Bagi manusia, pendengaran terbatas pada frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz (20 kHz), dengan batas atas umumnya menurun dengan usia. Spesies lain memiliki rentang yang berbeda pendengaran. Sebagai contoh, beberapa anjing dapat melihat getaran hingga menjadi 60.000 Hz. [1] Sebagai sinyal dirasakan oleh salah satu indera utama, suara digunakan oleh banyak spesies untuk mendeteksi bahaya, navigasi, predasi, dan komunikasi.

Getaran mekanis yang dapat ditafsirkan sebagai suara dapat melakukan perjalanan melalui semua bentuk materi: gas, cair, padat, dan plasma. Hal yang mendukung suara disebut medium. Suara tidak dapat bergerak melalui vakum.
longitudinal dan gelombang transversal
Gelombang sinusoidal berbagai frekuensi gelombang yang bawah mempunyai frekuensi yang lebih tinggi daripada yang di atas. Sumbu horizontal mewakili waktu.

Suara ditularkan melalui gas, plasma, dan cairan sebagai gelombang longitudinal, juga disebut gelombang kompresi. Melalui benda padat, namun, dapat ditularkan baik sebagai longitudinal dan gelombang transversal. Gelombang suara longitudinal gelombang tekanan bolak penyimpangan dari kesetimbangan tekanan, menyebabkan daerah setempat kompresi dan penghalusan, sedangkan gelombang transversal dalam padatan, adalah gelombang tegangan geser bolak-balik.

Materi di media secara periodik dipindahkan oleh gelombang suara, dan dengan demikian berosilasi. Energi yang dibawa oleh gelombang suara mengkonversi bolak-balik antara energi potensial kompresi tambahan (dalam kasus gelombang longitudinal) atau regangan perpindahan lateral (dalam kasus gelombang transversal) dari materi dan energi kinetik dari osilasi dari media .
Suara sifat gelombang

Gelombang suara ditandai oleh sifat-sifat umum gelombang, yang frekuensi, panjang gelombang, periode, amplitudo, intensitas, kecepatan, dan arah (kadang-kadang kecepatan dan arah digabungkan sebagai vektor kecepatan, atau panjang gelombang dan arah digabungkan sebagai vektor gelombang) .

Melintang ombak, juga dikenal sebagai gelombang geser, mempunyai properti tambahan polarisasi.

Karakteristik suara dapat bergantung pada jenis gelombang suara (longitudinal versus transverse) dan juga pada sifat fisik dari medium transmisi.

Setiap kali lapangan dari gelombang suara dipengaruhi oleh beberapa jenis perubahan, jarak antara gelombang suara maksima juga berubah, mengakibatkan perubahan frekuensi. Ketika gelombang suara kenyaringan dari suatu perubahan, begitu pula jumlah kompresi dalam perjalanan Airwave yang melewatinya, yang pada gilirannya dapat didefinisikan sebagai amplitudo.

Dalam musik dan akustik, frekuensi nada standar A di atas C tengah pada piano biasanya didefinisikan sebagai 440 Hz, yaitu, 440 siklus per detik (Tentang ini Dengarkan suara (bantuan · info)) dan dikenal sebagai nada konser, untuk yang sebuah orkestra lagu.
Contoh-contoh

Di Eropa, Afrika, Australia, Amerika Selatan Selatan, sebagian besar di Asia, dan Rusia, frekuensi dari arus bolak-balik di outlet listrik rumah tangga adalah 50 Hz (dekat dengan nada G), sedangkan di Amerika Utara dan Amerika Selatan Utara, frekuensi dari arus bolak-balik adalah 60 Hz (antara nada B ♭ dan B – yaitu, ketiga kecil di atas frekuensi Eropa). Frekuensi ‘dengungan’ dalam rekaman audio dapat menunjukkan di mana rekaman itu dibuat – di negara-negara Eropa memanfaatkan, atau frekuensi grid Amerika.
Periode versus frekuensi

Sebagai masalah kenyamanan, lebih lama dan lebih lambat gelombang, seperti gelombang permukaan laut, cenderung dijelaskan oleh periode gelombang bukan frekuensi. Gelombang pendek dan cepat, seperti audio dan radio, yang biasanya digambarkan oleh frekuensi mereka, bukan periode. Umum digunakan konversi ini tercantum di bawah ini:
Frekuensi 1 MHz (10-3) 1 Hz (100) 1 kHz (103) 1 MHz (106) 1 GHz (109) 1 THz (1012)
Periode (waktu) 1 ks (103) 1 s (100) 1 ms (10-3) 1 μs (10-6) 1 ns (10-9) 1 id (10-12)
Jenis frekuensi

* Frekuensi sudut ω didefinisikan sebagai laju perubahan dalam orientasi sudut (selama rotasi), atau dalam fase gelombang sinusoidal (misalnya dalam osilasi dan gelombang):

\ omega = 2 \ pi f \,.

Frekuensi sudut diukur dalam radian per detik (rad / s).

* Frekuensi spasial temporal analog dengan frekuensi, tetapi sumbu waktu digantikan oleh satu atau lebih spasial perpindahan sumbu.
* Wavenumber adalah analog spasial frekuensi sudut. Dalam kasus spacial lebih dari satu dimensi, wavenumber adalah besaran vektor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s